Perbedaan 32 bit dan 64 bit Pada Windows

Advertisement

Caradunia.comPerbedaan 32 bit dan 64 bit. Sebagian besar dari kamu pasti adalah pengguna komputer PC ataupun laptop dengan sistem operasi Windows. Berbicara soal OS Windows, kita tahu yang namanya Windows versi 32-bit & Windows versi 64-bit.

Pertanyaannya adalah? apa perbedaan dari ke-dua versi tersebut? Banyak orang yang menyebut-nyebutkan bahwa ada OS Windows 32-bit, & ada juga OS Windows 64-bit, akan tetapi mereka masih ada yang kurang paham betul apa yang membedakan antara ke-2 OS Windows tersebut.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit Pada Windows

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, pada kesempatan kali ini caradunia.com akan berbagi sedikit informasi kepada kamu semua mengenai perbedaan sistem operasi Windows 32 bit dengan 64 bit. Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu jawabannya, simaklah langsung ulasan kami berikut ini. Perbedaan Windows 32-bit & 64-bit.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit Pada Windows


1. Kapasitas RAM yang bisa Digunakan

Hal paling mencolok yang membedakan antara Windows 32 bit & 64 bit ialah kapasitas RAM yang bisa digunakan. Windows 32 bit mempunyai kapasitas RAM maksimal yang lebih kecil, yaitu sekitar 3,2 GB saja. Oleh karenanya Windows 32 bit tak bisa dipasang RAM yang jumlahnya 4 GB / lebih.

Dan apabila kamu memaksa untuk memasangnya, maka yang terdeteksi hanyalah 3,2 GB saja. Jadi jika kamu ingin menggunakan RAM dengan kapasitas besar, sebaiknya pilih Windows 64-bit sebagai sistem operasi yang kamu gunakan karena lebih optimal.

2. Performa Berbeda

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Windows 64-bit merupakan keluaran terbaru, & secara otomatis lebih canggih dibanding dengan 32-bit. Hal tersebut tentunya menjadi performa dari Windows 64 bit lebih baik dibanding 32-bit ketika dikombinasikan dengan hardware yang seimbang.

3. Kemampuan Dalam Memproses Data

Kemampuan memproses data yang dimiliki oleh Windows 64-bit lebih besar dibanding dengan Windows 32-bit. Hal tersebut tentunya akan membuat perintah kita lebih cepat untuk dieksekusi. Dalam hal ini tentunya tak lepas dari dukungan hardware yang digunakan. Jika kamu memiliki komputer dengan hardware yang memadai, alangkah baiknya untuk menggunakan Windows 64 bit.

4. Kompatibilitas Software

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows 64-bit ialah kompatibilitas softwarenya. Ya, bila Windows 64-bit bisa menjalankan software dengan aresitektur 64-bit & 32-bit. Sedang Windows 32-bit hanya bisa menjalankan software dengan arsitektur 32-bit saja.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang membedakan antara Windows 32-bit dengan Windows 64-bit. Kesimpulannya ialah Windows 64-bit lebih baik dibanding dengan 32-bit apabila didukung oleh hardware yang telah memadai. Namun jika kamu hanya memiliki hardware yang pas-pasan, sebaiknya gunakan Windows 32-bit saja.

Sekian informasi mengenai perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi pembaca monthlytech.com. Sampai jumpa di ulasan yang tak kalah menarik lainnya, tentunya hanya di situs berita teknologi ternama, monthlytech.com yang akan update setiap hari.

Advertisement
Perbedaan 32 bit dan 64 bit Pada Windows | cahayu | 4.5

Leave a Reply