Obat Sakit Pinggang Nyeri

Caradunia.com. Obat sakit pinggang nyeri – Sebelum mengulas lebih lanjut tentang nyeri pinggang / LBP, ada baiknya kita lihat dulu susunan normal atau anatomi yang membentuk pinggang. Struktur penting yang membentuk pinggang diantaranya :

  1. Tulang belakang (vertebra),
  2. Sendi tulang belakang,
  3. Ligamentum yang mengikat tulang belakang,
  4. Serat saraf,
  5. Otot,
  6. Organ dalam perut dan
  7. Pelvis serta
  8. Kulit yang menutupi daerah pinggang.

Tulang belakang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu bergerak sesuai dengan kehendak sembari melindungi serat saraf yang ada di dalamnya. Di bagian belakang tiap tulang, terbentuk tonjolan khusus yang dikenal dengan “prosesus spinosus” yang salah satu fungsinya ialah melindungi serat saraf yang lewat di depannya.

obat sakit pinggang nyeri

Diskus / piringan sendi ialah bagian atas dan bawah dari tulang belakang yang menghubungkan antara satu tulang dengan tulang yang lain. Selain memudahkan pergerakan, diskus juga berguna untuk meminimalisasi tekanan yang terjadi pada rongga serat saraf.

Ligamentum ialah jaringan ikat yang sangat kuat guna memegang tulang belakang supaya tidak terlepas satu dengan yang lainnya.

Serat saraf yang melalui tulang belakang berfungsi untuk menghantarkan rasangan sensoris maupun motoris ke organ yang ada di bawahnya.

Fungsi Pinggang

Daerah pinggang memiliki fungsi yang sangat penting pada tubuh manusia. Fungsi penting tersebut diantaranya, membuat tubuh berdiri tegak, pergerakan serta melindungi beberapa organ penting.

Ketika kita berdiri, pinggang berfungsi sebagai penyangga sebagian besar berat badan. Saat kita menggoyangkan pinggul, pinggang akan ikut membantu pergerakan. Sehingga guna mendeteksi kelainan pada pinggang bisa dilakukan dengan menyuruh penderita berdiri tegak / menggoyangkan pinggulnya.

Fungsi terpenting dari semuanya ialah sebagai pelindung susunan saraf yang melintas sepanjang tulang belakang & organ yang terdapat di dalam rongga perut.

Hampir sebanyak 80 persen penduduk di seluruh dunia pernah mengalami nyeri pinggang. Memang tak semua nyeri pinggang itu berbahaya, tetapi bila berlangsung lebih dari 2 bulan maka nyeri pinggang tidak dapat dianggap biasa.

Nyeri pinggang adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak orang & biasanya dipicu karena aktivitas fisik seperti melakukan pekerjaan berat, jarang berolahraga, obesitas (kegemukan) & gaya hidup yang tidak sehat.

Nyeri pinggang terbagi 2, yaitu akut dan kronik. Nyeri pinggang akut biasanya kurang dari 6 minggu & kebanyakan disebabkan oleh cedera olahraga atau melakukan aktivitas sehari-hari, mengangkat beban yang berat.

Sementara nyeri pinggang kronik ini berlangsung selama lebih dari 2 bulan & rasa nyerinya seringkali memberat seiring bertambahnya waktu. Nyeri pinggang ini harus mendapat perhatian khusus karena kemungkinan terkait dengan suatu penyakit seperti radang, infeksi / osteoporosis.

Banyak orang yang tak menanggapi nyeri pinggang secara serius karena gangguan itu diasumsikan dengan nyeri akibat melakukan aktivitas sehari-hari & akan hilang dalam waktu tertentu. Nyeri pinggang bisa berakibat serius jika tak ditangani dengan benar dan bila dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan pembengkokan tulang belakang,” ucap Dr. Muki Partono, Sp.OT, dokter ahli bedah tulang dari RS Puri Indah, ketika ditemui dalam acara Media Gathering RS Puri Indah di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (11/8/2011).

Dr. Muki menyampaikan ada banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri pinggang, diantaranya dapat berasal dari:

Daerah lumbal (daerah bawah punggung yang menyangga berat badan) :

1. Tulang – seperti peregangan tulang pinggang (Akunt & Khronis), patah kompresi akibat osteoporosis

Peregangan tulang pinggang merupakan cidera regangan pada ligamentum, tendon & otot pinggang. Regangan ini akan menyebabkan luka yang sangat kecil di organ tersebut. Cidera yang paling sering menjadi biang kerok dari nyeri pinggang ini, disebabkan karena beberapa hal diantaranya : pergerakan yang berlebihan, pergerakan yang tak benar / trauma. Disebut akut jika keadaan ini berlangsung dalam beberapa hari / minggu, dan disebut khronis jika keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan.

Peregangan tulang pinggang sering terjadi pada orang yang berusia diatas 40 tahun. Terkadang juga keadaan ini bisa menyerang tanpa batasan usia. Gejala yang ditimbulkan dari keadaan ini antara lain : adanya rasa tidak nyaman / nyeri pada pinggang setelah pinggang mengalami tekanan mekanis. Derajat nyeri sangat tergantung dari seberapa banyak otot yang mengalami cidera.

Diagnosis peregangan pinggang ditegakan lewat wawancara untuk mengetahui riwayat trauma yang terjadi, pemeriksaan fisik & pemeriksaan rontgen.

Penanganan bagi penderita nyeri pinggang : peregangan yang paling utama adalah mengistirahatkan pingang supaya tidak terjadi cidera ulangan. Obat-obatan dibutuhkan untuk meredakan nyeri & melemaskan otot yang kaku. Dapat juga dilakukan pemijatan, penghangatan & penguatan otot pinggang, akan tetapi harus dilakukan secara hati-hati.

2. Sendi – seperti gangguan kongenial (bawaan), gangguan akibat proses degeneratif & peradangan yang terjadi pada sendi

Kondisi sendi yang bisa menyebabkan nyeri pinggang antara lain gangguang kongenital (bawaan), gangguan akibat proses degeneratif & peradangan yang terjadi pada sendi.

3. Bantalan – seperti bantalan tulang yang sudah aus

4. Saraf – seperti iritasi saraf karena pergeseran mekanis / peradangan saraf

Serat-serat saraf yang ada di sepanjang tulang belakang dapat mengalami iritasi oleh karena pergeseran mekanis / oleh penyakit. Keadaan ini termasuk dari jenis penyakit diskus lumbar (radikulopathy), gangguan tulang & peradangan saraf akibat infeksi virus.

Radikulopathy lumbar adalah iritasi saraf yang disebabkan oleh rusaknya diskus antara tulang belakang. Kerusakan ini terjadi akibat dari adanya degenerasi dari cincin luar discus & trauma / kombinasi antara keduanya.

Penanganan penyakit ini membutuhkan pengobatan konservatif dengan obat-obatan / bila keadaan parah dapat dilakukan tindakan pembedahan.

5. Otot / ligamen.

Daerah bukan lumbal (non lumbal) :

1. Usus

2. Gangguan ginjal – seperti infeksi ginjal, batu ginjal & pendarahan pada ginjal akibat trauma

Gangguan ginjal sering dihubungkan dengan nyeri pinggang antara lain infeksi ginjal, batu ginjal & perdarahan pada ginjal akibat trauma. Diagnosa ditegakan berdasar pemeriksaan kencing & pemeriksaan radiologi.

3. Infeksi

4. Tumor

Nyeri pinggang dapat juga disebabkan oleh karena tumor, baik tumor jinak ataupun ganas. Tumor bisa terjadi lokal pada tulang pinggang / terjadi di tempat lain tapi mengalami metastase / penyebaran ke tulang pinggang.

5. Peptic ulcer (infeksi lambung)

6. Terkait dengan kehamilan – terjadi akibat tekanan mekanis di tulang pinggang & pengaruh dari posisi bayi dalam kandungan

Wanita hamil sering menderita nyeri pinggang sebagai akibat dari tekanan mekanis pada tulang pinggang & pengaruh dari posisi bayi di dalam kandungan.

7. Masalah dengan organ reproduksi wanit – seperti endometriosis, kista ovarium, kanker ovarium dan tumor jinak rahim.

Beberapa masalah di organ reproduksi wanita yang dapat menimbulkan nyeri pinggang antara lain kista ovarium, tumor jinak rahim & endometriosis.

Pada nyeri pinggang ringan, penderita bisa melakukan olahraga seperti berenang, yoga & pilates dengan konsentrasi di area tulang belakang, memakai korset secara tepat / dengan menjalani pola hidup sehat.

Tapi, untuk kasus-kasus berat & mengganggu kualitas hidup, prosedur operasi ialah solusi terakhir yang dilakukan sebagai upaya penyembuhan.

Bila sebelumnya pembedahan dilakukan secara konvensional dengan sayatan yang besar, sekarang ini sudah tersedia pembedahan dengan metode minimal invasive, yaitu lewat Micro Discectomy per Endoscopy (MDE).

“MDE ialah tindakan bedah pada kelainan penekanan saraf tulang belakang dengan menggunakan kamera dengan sayatan minimal kira-kira 1 ruas jari (1-1,5 cm). Salah satu metode MDE ialah sistem endospine dimana sayatan lebih kecil, pendarahan operasi minimal, perawatan di rumah sakit hanya sehari dan tak memerlukan alat bantu,” terang Dr Muki.

Obat Sakit Pinggang Nyeri

Penanganan nyeri pinggang sangat terggantung dari penyebab nyeri itu. Tiap kasus harus ditangani secara individual guna mengetahui latar belakang dari keluhannya sehingga bisa dikelola dengan tepat.

Prinsip utama penanganan nyeri pinggang ialah mengatasi nyerinya terlebih dahulu, setelah itu baru dicari penyebab dari nyeri pinggangnya.Sayangnya keluhan ini bisa kambuh kembali sehingga sangat menjengkelkan bagi beberapa pasien, untuk itu perlu dijelaskan dengan baik tentang kemungkinan kemungkinan yang terjadi.

Obat Sakit Pinggang Nyeri | cahayu | 4.5

Leave a Reply