Perhatikan 5 Cara Menghidupkan Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Advertisement

Caradunia.comCara menghidupkan motor. Perawatan motor salah satu yang paling mendasar dan penting yakni memanaskan mesin motor terlebih dahulu. Performa yang bagus merupakan keinginan setiap pemilik motor karena bisa membantu dalam setiap aktivitas yang kita punya, hanya saja apabila terjadi masalah yang tidak terduga pada saat kita mengendarai motor akan sangat merepotkan bagi kita sendiri.

Ada satu hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan tentunya telah banyak pemilik motor ketahui sebelum memulai beraktifitas, yaitu cara menghidupkan motor. Menghidupkan motor tampak sangat mudah, bisa dilakukan dengan menggunakan elektrik starter atau menggunakan kick starter. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa ada langkah lebih sederhana dalam menghidupkan motor yang benar sesuai dengan prosedur. Apabila menghidupkan motor sembarangan tanpa mengikuti prosedur motor tentunya akan cepat rusak dan akhirnya mesti di service ke bengkel, Apalagi untuk motor sekarang yang sudah memakai sistem injeksi atau PGM-FI.

Cara Menghidupkan Motor Agar Tidak Cepat Rusak

cara menghidupkan motor

Berikut ini langkah-langkah sederhana menghidupkan motor kamu sebelum berkendara:

1. Memeriksa Kapasitas Oli

Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai oli kehabisan, lakukan pergantian oli secara rutin. Pengecekan ini bertujuan guna mengetahui masih bagus atau tidaknya kualitas oli tersebut. Kamu bisa merujuk pada buku panduan pemakaian motor kamu. Jangan sampai permasalahan oli mengganggu kenyamanan berkendara kamu.

2. Posisi Kunci Kontak serta Stide Stand Switch

Hal yang paling mudah yakni memutar kunci kontak pada posisi ON dan jangan sampai lupa untuk motor tipe matic memperhatikan Standar samping otomatis (Stide Stand Switch) karena mesin tidak bisa dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun.

3. Mendeteksi Lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL)

Ketika lampu indikator MIL menyala, ECU akan mendeteksi apabila ada kerusakan di sensor-sensor sistem injeksi. Kedipan lampu indikator MIL bisa diketahui dengan membaca berapa kedipan yang muncul. Hal ini untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi. Apabila ternyata ada kedipan pada MIL berarti menandakan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI motor dan sebaiknya bawa motor kamu ke AHASS terdekat untuk dicek lebih lanjut.

4. Memilih Starter

Apabila lampu MIL tak berkedip dipastikan sensor injeksi tidak bermasalah, hidupkan motor kamu pada saat lampu MIL sudah padam. Ada dua jenis starter pada motor yaitu kick starter dan electric starter. Kadang pemilik motor terbiasa menghidupkan motor dengan kick starter dengan alasan supaya tegangan yang tersimpan pada baterai lebih awet. Sebenarnya dengan memakai electric starter tegangan yang terbuang akan diisi kembali oleh regulator pada saat mesin dalam kondisi menyala. Dengan munculnya teknologi PGM-FI (Honda) pada motormu, menghidupkan motor bisa lebih mudah menggunakan electric starter.

5. Memanaskan Mesin Motor Kesayanganmu

Setelah motor dihidupkan usahakan untuk tak langsung menarik gas dengan kencang, menunggu beberapa saat, antara 1 sampai 2 menit. Apabila tidak ingin memanaskan mesin karena terburu-buru dan ingin langsung memakai motor matic, sebaiknya kamu menggunakan dengan kecepatan rendah terlebih dahulu. Hal ini berguna sama dengan memanaskan mesin yang bertujuan supaya oli bekerja lebih baik keseluruh bagian mesin.

Baca juga tentang otomotif lainnya :

Penyebab Kaca Mika Reflektor Motor Bisa Meleleh

Rantai motor bunyi kletek kletek

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak

Kami berharap artikel tentang penjabaran cara menghidupkan motor kesayanganmu ini dapat menambah ilmu serta menambah wawasan. Artikel tentang otomotif ini dapat dibagikan ke sahabat-sahabatmu agar mereka juga dapat mengetahuinya. Salam sehat dan terimakasih.

Advertisement
Perhatikan 5 Cara Menghidupkan Motor Agar Tidak Cepat Rusak | cahayu | 4.5

Leave a Reply