Penyebab Kaca Mika Reflektor Motor Bisa Meleleh

Advertisement

Caradunia.comPenyebab kaca mika reflektor motor meleleh. Di bengkel resmi banyak sekali ditemukan kasus dimana kaca mika (reflektor) pada motor konsumen meleleh. Dalam penggunaan secara normal, kaca mika reflektor motor kamu tidak seharusnya meleleh. Setelah dilakukan banyak pengecekan dan diskusi kami ingin memberi tahu hal-hal yang bisa membuat reflektor motormu meleleh. Kami harap dengan mengetahui hal ini kamu bisa menghindari kejadian yang serupa.

Penyebab Kaca Mika Reflektor Motor Meleleh

penyebab kaca mika reflektor motor meleleh

1. Pergantian bohlam lampu yang tidak standard dengan ketentuan

Ini merupakan penyebab no. 1 yang paling sering ditemukan di lapangan dimana konsumen mengganti bohlam lampu supaya lampu motor lebih terang.

Perlu kamu ketahui bahwa kaca mika reflektor kamu sudah didesain sesuai dengan bohlam lampu yang dipakai. Pergantian bohlam lampu yang tidak sesuai dengan standard bisa membuat kaca mika reflektor kamu meleleh. Tidak hanya itu, pergantian bohlam lampu menghilangkan garansi kelistrikan dan juga dapat membuat aki kamu cepat soak. Kami anjurkan untuk menghindari hal ini.

2. Kaca Mika Reflektor Tertutup Oleh Barang

Pastikan kamu tidak menutupi reflektor motor dalam kondisi nyala dengan benda apapun termasuk jaket, jas hujan atau ditutupi dengan cover motor (penutup motor).

Hal penting yang perlu kamu tahu adalah jangan menutupi reflektor dalam kondisi motor yang baru digunakan walaupun dalam kondisi mati sekalipun karena motor dan kaca mika reflektor kamu masih dalam kondisi panas. Sebaiknya biarkan motor kamu pada suhu normal terlebih dahulu baru kamu tutup dengan penutup motor.

3. Sepeda Motor Dipanaskan Terlalu Lama

Sebelum mengendarai motor sebaiknya kamu hidupkan untuk memanaskan motor terlebih dahulu, ini bertujuan agar oli bekerja lebih baik keseluruh bagian mesin. Memanaskan mesin tak perlu waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 menit saja karena apabila memanaskan terlalu lama berpengaruh juga pada reflektor motormu.

4. Terdapat Penghalang Ketika Memanaskan Motor

Pada saat kamu memanaskan motor sebaiknya tak ada penghalang di depan lampu motor kamu seperti tembok, kayu dan lain sebagainya. Cahaya lampu dari reflektor akan dapat mantul kembali ke reflektor motor kamu dan akan menyebabkan reflektor kamu bisa meleleh.

5. Kebiasaan Membersihkan Kaca Mika Reflektor Saat Memanaskan Motor

Saat kamu memanaskan motor jangan membersihkan reflektor motor dengan kain atau benda apapun karena panas yang terhalang oleh benda akan dapat menyebabkan melelehnya reflektor. Jika kamu ingin membersihkan reflektor atau bagian motor lain, lakukanlah pada saat suhu motor normal.

Baca juga :

Rantai motor bunyi kletek kletek

Penyebab busi motor cepat rusak

Penyebab kampas rem sepeda motor bunyi

Demikianlah penjabaran tentang sebab kaca mika reflektor motor meleleh. Semoga ini dapat membantumu dan dapat menambah ilmu tentang dunia otomotif. Bagikan artikel ini supaya semua teman-temanmu mengetahuinya. Terimakasih.

Advertisement
Penyebab Kaca Mika Reflektor Motor Bisa Meleleh | cahayu | 4.5

Leave a Reply