Solusi dan Penyebab Kampas Rem Sepeda Motor Bunyi

Advertisement

Caradunia.comPenyebab kampas rem sepeda motor bunyi. Tak jarang dijumpai saat berkendara kita menemukan rem motor yang berbunyi atau berdecit yang membuat sakit kuping bagi yang mendengarnya. Apalagi ketika musim hujan datang, rem motor paling rentan dengan suara berdecit yang sangat menggangu pengendaranya.

Rem pada sepeda motor merupakan perangkat yang sangat penting dan memiliki peran sangat vital demi menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Banyak pemilik motor tak mengetahui penyebab dari timbulnya suara ini sehingga lebih memilih untuk membiarkannya, padahal suara berdecit pada rem merupakan hal yang cukup membahayakan dan mesti segera dilakukan perbaikan.

Penyebab Kampas Rem Sepeda Motor Bunyi

Berikut ini faktor penyebab kampas rem berbunyi :

penyebab kampas rem sepeda motor bunyi

Kampas Rem Bunyi

1. Kampas Rem Kotor

Debu serta kotoran bisa masuk ke dalam ruang kampas rem. Pada saat melintasi jalan yang berdebu dan berpasir itulah perlahan-lahan kotoran bisa menempel pada bagian kampas rem.

Penyelesaian

Apabila kamu ingin memperbaiki sendiri, bukalah bagian kampas rem yang berbunyi tersebut lalu bersihkan dengan amplas. Gosoklah hanya dengan perlahan saja dan jangan menggosok terlalu lama karena bisa membuat kampas semakin tipis. Atau bawalah ke dealer resmi terdekat jika pengerjaan sendiri dirasa sulit.

2. Kampas Rem Yang Tipis

Gesekan logam kampas rem dengan disc brake / piringannya bisa menimbulkan suara decitan. Hal ini diakibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis oleh si pengendara. Padahal rem merupakan salah satu komponen terpenting yang bisa menunjang keselamatan pengendaranya.

Penyelesaian

Membeli kampas rem yang baru karena kampas rem yang sudah tipis tidak bisa bertahan lama. Semakin lama tidak diganti semakin besar peluang terjadinya kecelakaan.

3. Kampas Rem Terkontaminasi

Ada beberapa segelintir pengendara yang mempercayai bahwa dengan memakai oli dan minyak atau sejenisnya akan membuat remnya pakem. Padahal hal ini bisa mengakibatkan kampas rem gosong dan semakin berbahaya bagi pengendaranya.

Penyelesaian

Sebaiknya mengganti kampas dengan yang baru. Selain menghilangkan suara decitan, bisa juga menghilangkan kesan jelek karena kampas rem tampak gosong.

4. Kampas Rem Selip

Untuk penyebab yang satu ini diakibatkan pengendaranya yang selalu menekan tuas rem secara terus-menerus. Material kampas kopling menjadi keras sehingga rem kurang pakem dan bisa timbul bunyi.

Penyelesaian

Mengganti kampas dengan yang baru dan perlu diketahui bagi pengendara beri jarak bebas pada tuas rem dengan standar 10-20 ml.

5. Piringan atau Disc Brake Sudah Tipis dan Tidak Merata

Piringan tak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau pemakaian dalam rentan waktu yang lumayan lama.

Penyelesaian

Bawalah motormu ke dealer terdekat dan segerakan ganti dengan piringan yang baru.

Itulah tadi penjelasan tentang solusi serta penyebab kampas rem sepeda motor bunyi yang semoga bisa bermanfaat bagi semua kalangan para pembaca. Artikel ini boleh di share ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahui tentang artikel ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement
Solusi dan Penyebab Kampas Rem Sepeda Motor Bunyi | cahayu | 4.5

Leave a Reply