Cek 7 Ini Jika ISS atau Idling Stop System Motor Berhenti Berfungsi

Caradunia.comIdling stop system motor berhenti berfungsi. Kasus yang cukup banyak terjadi pada pemilik sepeda motor yang mengeluh karena teknologi Idling Stop System (ISS) pada sepeda motornya berhenti bekerja. Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel resmi guna mendapat dan dilakukan pengecekan pada motornya. Hal-hal ini banyak terjadi karena masih banyak yang belum mengerti “syarat syarat” agar Idling Stop System (ISS) dapat berfungsi dengan baik.

idling Stop system motor berhenti berfungsi

Idling Stop

Berikut ini adalah 7 hal supaya Idling Stop Sistem sepeda motormu berfungsi dengan baik :

  1. Pastikan terlebih dahulu kamu Melakukan Starter Motor Dengan Menggunakan Elektrik Starter
    Pada starter motor, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan elektrik starter karena bisa dipastikan ISS motormu dapat digunakan. Fungsi ISS tidak akan berfungsi jika kamu melakukan starter dengan kick starter.
  2. Pastikan juga Tombol Switch ISS Dalam Posisi “Idling Stop”
    Saklar sistem ini ada di bagian kanan dari stang kemudi. Untuk mengaktifkannya, kamu lakukan mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Setelah itu maka lampu hijau yang ada pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah bisa bekerja.
  3. Pastikan Motor sudah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 km/jam
    Idling stop sistem akan beroperasi pada saat kecepatan kendaraan lebih dari 10 km/jam yang terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. Sensor ini akan mendeteksi putaran gigi dan pada saat sensor ini mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM yang mengendalikan idling stop sistem.
  4. Pastikan Putaran Mesin Standar Mencapai 1.600 + atau – 100 rpm
    Putaran mesin standar ini dipengaruhi oleh pencapaian kecepatan yang melebihi dari 10 km/jam dan masih sama terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor.
  5. Pastikan Temperatur Mesin melebihi suhu 60°C
    Ada beberapa sepeda motor sudah dibekali oleh teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang secara otomatis bisa mengetahui temperatur mesin. Saat temperatur mesin sudah melampaui 60°C, idling stop sistem baru akan mulai beroperasi.
  6. Pastikan Throttle / Handle gas dalam posisi tertutup
    Sistem ISS akan beroperasi dengan memastikan handle gas dalam posisi tertutup. Kejadian ini biasa terjadi ketika berhenti pada lampu merah atau dalam kondisi jalanan macet.
  7. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya selama 3 detik
    Rentan waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui ISS beroperasi yakni 3 detik setelah berhenti. Vehicle Speed Sensor dan Throttle Position Sensor akan otomatis mendeteksi rentan waktu ini. Lampu indikator pada panel speedometer akan berkedip yang memastikan sistem ISS pada motormu berfungsi.

Itulah 7 hal yang wajib kamu pastikan supaya sistem ISSmu berfungsi dengan baik. Apabila 7 hal ini sudah terpenuhi semua dan ISS masih tidak berfungsi juga maka kami sarankan kamu ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara langsung. Terimakasih.

Cek 7 Ini Jika ISS atau Idling Stop System Motor Berhenti Berfungsi | cahayu | 4.5

Leave a Reply