Cara Mengatasi Laptop Atau Komuter Yang Lemot Dengan Cara Yang Benar

Cara Mengatasi Laptop Atau Komuter Yang Lemot Dengan Cara Yang Benar – Permasalahan komputer maupun laptop yang lambat dalam bekerja memanglah sering merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer & laptop yang sangat lemot. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer kamu menjadi lambat. Berikut ini adalah Cara supaya laptop atau komputer tidak lemot.

Cara Mengatasi Laptop Atau Komuter Yang Lemot

Komputer Lemot

Cara Mengatasi Laptop Atau Komuter Yang Lemot Dengan Cara Yang Benar

Berikut ialah beberapa penyebab kenapa komputer ataupun laptop menjadi lambat, silahkan kamu baca satu persatu & cobalah untuk diterapkan di komputer kamu. Karena ke-6 faktor berikut adalah faktor yang umum ataupun yang sering terjadi.

1. File temp. terlalu besar

Saat kita mengakses Internet lewat komputer kita, maka komputer akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temp. Saat folder ini sudah sangat besar, bisa jadi ini yang akan memperlambat kinerja komputer kamu. Cara yang paling mudah ialah dengan membersihkan folder tersebut dengan memakai software “Ccleaner”.

Cara menjalankan Ccleaner – install ccleaner yang telah didownload, buka aplikasi ccleaner, kemudian klik analyze, tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, untuk membersihkan file temp, silahkan klik tombol run cleaner.

2. Terlalu banyak program yang sudah diinstall

Kadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita seringkali menginstall software yang sekiranya tak terlalu penting untuk pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program ketika komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangatlah membebani komputer. Cara mengatasinya cukup mudah, kamu bisa uninstall aplikasi yang tak terlalu penting pada control panel / mendisable aplikasi tersebut supaya tidak berjalan ketika komputer dihidupkan. Caranya dengan membuka software Ccleaner -> pilih tab tool -> startup -> disable aplikasi yang tak terlalu penting.

Kemudian, kamu juga bisa menguninstall program tidak jelas yang ada pada komputer kamu melalui control panel. Caranya Klik Windows -> klik Control Panel -> klik uninstall program -> kemudian pilih program yang tak terpakai untuk di uninstall.

3. Spesifikasi komputer yang lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi

Bila komputer kamu sudah bisa bekerja mulus tapi pada saat bermain game komputer kamu terasa sangat berat dan lambat, itu berarti game yang kamu jalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Usahakanlah untuk melihat “system requirement” game tersebut agar kamu bisa membandingkannya dengan kemampuan komputer kamu.

Spesifikasi komputer sudah jadul Ini merupakan kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang kamu gunakan perlu diupgrade supaya komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer kamu sudah menggunakan processor dual core & ram minimal sebesar 2GB.

4. Kerusakan komponen komputer

Komputer kamu bisa melambat kinerjanya bila terjadi kerusakan pada komponen computer. Contohnya pada hardisk. Hardisk merupakan salah satu komponen yang paling peka. Contohnya hardisk bad sector. Komputer kamu akan berjalan sangat lambat sekali bila terjadi kerusakan seperti ini. Solusinya adalah mengganti dengan hardisk baru.

5. Karena virus

Biasakan untuk selalu mengupdate database antivirus kamu untuk menghindar serangan virus yang dapat memperlambat kinerja komputer kamu.

Itulah sedikit cara mengatasi laptop atau komputer yang lambat. Silahkan rawat komputer kamu dengan baik, bersihkan komponen, jangan menginstall sembarang software, update antivirus secara berkala, upgrade komponen komputer dengan memakai komponen yang lebih baik. Dengan begitu, komputer kamu akan bekerja secara maksimal dan tak lemot lagi.

Cara Mengatasi Laptop Atau Komuter Yang Lemot Dengan Cara Yang Benar | cahayu | 4.5

Leave a Reply