Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebih Terhadap Pasangan

Caradunia.comCara mengatasi rasa cemburu yang berlebih. Hubungan cinta yang kamu jalani bersama dengan pasangan tentu tak akan melulu mengalami hal yang indah & manis selama perjalanannya. Baik hubungan percintaan yang belum menikah atau yang sudah menikah, adakalanya jika hubungan yang mereka jalin akan terjadi masalah & perseteruan. Tapi demikian, hal ini tidak lantas dijadikan alasan jika sebuah kesalahan serta masalah terus-terusan dilakukan secara berulang-ulang dalam hubungan & membuat setiap masalahnya dianggap sebagai hal yang wajar.Tiap masalah tentu membutuhkan penyelesaian untuk dapat kembali menyembuhkan hubungan yang baik & harmonis bersama dengan pasangan. Yang dengan demikian, sebuah keharmonisan akan bisa menjamin hubungan cinta dapat berjalan awet yang bertahan hingga usia senja.

cara mengatasi rasa cemburu yang berlebih

Untuk itulah setiap pasangan, terutama pasangan yang telah menikah dituntut untuk bisa menjaga & merawat jalinan cinta antara keduanya untuk dapat mempertahankan cinta sampai hanya mautlah yang bisa memisahkan mereka. Hanya saja, kehidupan tidak pernah luput dari masalah serta cobaan yang mana kedua hal inilah yang membuat seseorang dapat tumbuh menjadi lebih dewasa dengan pengalaman yang sudah sangat banyak. Salah satu permasalahan yang seringkali menyulut pertengkaran dalam sebuah hubungan, tidak terkecuali hubungan pernikahan ialah rasa cemburu kepada pasangan. Rasa cemburu ini umumnya timbul ketika perhatian & fokus pasangan menjadi terbagi bersama dengan oranglain, yang membuat pasangan merasa tak lagi diperhatikan dan tak lagi dicintai.

Tapi demikian, rasa cemburu ialah sifat yang lazim & merupakan sikap dasar yang dimiliki oleh manusia. Rasa cemburu yang diolah dengan baik akan bisa memepererat sebuah hubungan cinta yang dijalin dalam sebuah hubungan. Hanya, jika tidak maka akan menimbulkan masalah yang besar yang dapat membuat sebuah hubungan menjadi terpecah belah. Sehingga jika hal ini terjadi maka ketidakharmonisan & bahkan perpisahan akan menjadi musibah besar yang menimpa sebuah hubungan. Secara umum rasa cemburu dilandasi oleh rasa cinta & rasa sayang seseorang terhadap orang lain. Cemburu dapat datang kapan saja dimana saja. Rasa cemburu juga dapat dirasakan oleh semua orang baik anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan lansia sekalipun.

Rasa cemburu yang terjadi pada anak-anak umumnya terjadi lantaran perhatian orang tua mereka terbagi bersama dengan orang lain yang membuat anak-anak merasa terabaikan. Sementara untuk pasangan yang telah menikah, rasa cemburu lebih sering dialami oleh seorang istri kepada suami,walau demikian tak menutup kemungkinan jika ada banyak suami yang mengalami rasa cemburu pada istrinya. Rasa cemburu yang terjadi pada pasangan seringkali menjadi hal yang paling sering menjadi masalah dalam rumah tangga. Beberapa selebritis tanah air yang mengalami keretakan rumah tangga dengan pasangannya banyak dilatarbelakangi masalah rasa cemburu. Untuk itulah, saat rasa cemburu mendera seseorang, rasanya perlu sekali mengupayakan cara untuk dapat mengatasi rasa cemburu tersebut supaya tidak berlebihan dan memicu perkara masalah yang besar. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sewaktu rasa cemburu menerjang cinta kita pada pasangan. Seperti apa, Kita simak bersama-sama berikut ini:

Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebih Terhadap Pasangan

1. Temukanlah alasan mengapa kamu cemburu

Ketika kamu merasakan hal yang lain pada pasangan yang membuat kamu merasa risih dengan pasangan, maka mungkin kamu merasakan cemburu. Hal pertama yang harus kamu lakukan saat kamu merasa cemburu adalah dengan menemukan apa alasan kamu merasa cemburu. Umumnya, rasa cemburu timbul karena perasaan curiga, perlakuan yang berbeda & juga karena cara pandang kita terhadap pasangan yang berbeda dari faktanya. Seringkali kita merasa kesal & kecewa sewaktu pasangan biasanya sering menyempatkan waktu untuk mengobrol & membelai kita dan saat ini karena sesuatu hal mereka jadi jarang melakukannya lagi. Pasangan menjadi lebih sibuk & tak lagi memperhatikanmu. Jika kamu merasa cemburu dengan hal ini atau kamu mencurigai pasangan memiliki hubungan dengan lawan jenis lain. Maka jangan langsung marah & merasa cemburu buta pada pasangan. Sebaliknya, ketahui dulu kebenarannya. Jika sebenarnya suami memang sibuk karena pekerjaan, maka berikan dia ruang untuk bekerja. Sebab semua itu dilakukan suami semata-mata demi kesejahteraan keluarganya.

2. Percaya

Poin yang satu ini mungkin terkesan sulit & berat dilakukan jika rasa khawatir dan curiga masih terus membendungi benak kamu. Namun, percaya atau tidak rasa cemburu tersebut dapat dimatikan dengan rasa percaya terhadap pasangan. Percayalah pada pasanganmu dan percayalah bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang ia cintai. Rasa percaya ini bisa diperkuat dengan saling mencintai satu dengan yang lainnya. Dengan semakin besarnya ikatan cinta antara satu sama lain, maka rasa saling mempercayai akan juga lebih besar. Percayalah, saat pasangan berada diluar mencari nafkah, semua yang dilakukanya semata-mata untuk memperjuangkan kesejahteraan kamu bersama dengan keluarga.

3. Berhentilah Membandingkan dirimu dengan orang lain

Rasa cemburu dengan pasangan erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain justru akan membuat api cemburumu terhadap pasangan semakin tersulut dan membesar sehingga meredupkan rasa percaya diri & kepercayaan pada pasangan. Untuk itulah, berhentilah membandingkan diri yang dapat membuat api cemburu terus hadir dalam benakmu, sebaliknya daripada kamu terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain, sebaiknya perbaikilah diri kamu untuk meningkatkan kualitas diri kamu. Saat menemukan pasangan banyak memiliki rekan kerja yang lebih terlihat indah & terlihat menawan, maka hentikan pemikiran kamu tentang membanding-bandingkan diri. Betapapun percayalah pada pasangan untuk saling mencintai & mempercayai satu sama lain. Katakan pada pasangan jika kamu percaya mereka tidak akan pernah mengkhianati cinta tulus yang ada diantara berdua.

4. Stop Berimajinasi

Rasa cemburu biasanya datang karena seseorang terlalu banyak berimajinasi & banyak memikirkan hal negatif. Apalagi jika dia adalah tipikal orang yang seringkali terlalu menghayati sebuah adegan sinetron. Semua hal yang terjadi dalam film 7 sinetron akan diserapnya dan dituangkan dalam imajinasi kehidupan sehari-harinya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat pemikiran negatif lebih banyak muncul & membuat rasa curiganya terhadap pasangan menjadi semakin membesar. Nah, untuk mengatasi hal ini terjadi, maka jangan berikan ruang dalam otakmu untuk memikirkan hal yang tidak-tidak yang bisa merusak rumah tangga kamu. Sebaliknya, luangkan waktumu untuk mengerjakan sesuatu yang lebih berguna seperti menyiapkan makan malam menunggu suami datang atau lain sebagainya. Kesibukan akan mampu mencegah otak dan pikiran memikirkan hal yang tidak masuk akal.

5. Sikap tidak berlebihan

Perilaku yang berlebihan bukan saja membuatmu semakin cemburu, tapi juga membuat pasangan merasa risih dan juga jengkel dalam menghadapi sifat kamu. Untuk itu, lakukan riset keadaan dan jangan langsung menumpahkan emosi & kekesalan pada pasangan dengan langsung menghakimi dan menghujatnya tanpa alsan. Pasangan tentu akan merasa bingung dengan sikapmu. Jika tidak ada bukti yang kuat dan alasan yang jelas, maka jangan tiba-tiba menyulut pertengkaran, apalagi jika kamu tidak tahu tempat menumpahkan emosimu. Bukan malah tersalurkan dengan baik, rasa cemburu ini malah akan menjadi bumerang yang merugikan kamu.

Rasa cemburu memang hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan, karena ini mengindikasikan jika kamu mencintai pasangan dan tidak ingin jika sampai kehilangannya. Tapi mengetahui bagaimana mengatasi cemburu & menyalurkannya dalam hal yang lebih baik akan membuat hubungan kamu jauh dari masalah.

Cara Mengatasi Rasa Cemburu Yang Berlebih Terhadap Pasangan | cahayu | 4.5

Leave a Reply