Waspadalah Penyakit Virus Ebola saat ini juga

Advertisement

Caradunia.comVirus Ebola – Ebola adalah jenis virus yang mematikan sekarang ini. Akhir-akhir ini virus ebola menjadi banyak perhatian masyarakat dunia. Pasalnya wabah eboal adalah wabah yang tertinggi tingkat kematiannya dalam sepanjang sejarah WHO. Sekarang memang belum ada kasus penyakit ebola yang ada di Indonesia tapi kita harus meningkatkankewaspadaan atas virus ini.

Para pakar menyimpulkan kalau virus ini sudah terjadi sejak 1976 di Kongo. Virus ini ditemukan di kalelawar pemakan buah yangmenyebar ke hewan lain. Virus ini menjangkit manusia lewat darah binatang buruan yang dibersihkan saat setelah berburu.

Waspadalah Penyakit Virus Ebola saat ini juga

Waspadalah Penyakit Virus Ebola saat ini juga

Penyebab Penyakit Ebola

Penyakit Ebola ini disebabkan oleh virus ebola yang yang menjangkit manusia. Virus ebola meluas ke manusia lewat kontak langsung dengan cairan tubuh / darah penderita seperti urin, tinja, air liur dan air mani. Kontak langsung berarti bahwa darah dan cairan lainnya terkena hidung, mata, mulut / luka seseorang. Masa inkubasi dari virus ebola sekitar 2-3 hari sampai 3 minggu setelah terjangkit virus. Kondisi penyakit ini dapat menyebabkan menurunnya fungsi liver & ginjal. Bahkan menyebabkan pendarahan.

Penyebaran Virus Ebola

Penyebaran penyakit ebola berdasar penyabar virus ebola itu sendiri. Dampak yang terbesar terkena virus ebola ialah keluarga yang tinggal serumah dengan penderita / orang yang merawat penderita termasuk petugas medis. Bila kamu anggota keluarga yang terkena ebola sebaiknya langsung di bawa ke dokter supaya memperoleh pertolongan oleh tenaga medis yang handal. Selama di rawat penderita harus menjalani pemantauan yang ketat & laboratorium yang rutin untuk di cek supaya penularan penyakit ini dapat tertangani. Pasalnya, selama masih ada darah & virus ini masih bisa hidup.

Tak hanya manusia, lingkungan sekitar penderita penyakit ebola juga dapat menularkan virus ini. Pakaian, seprei, jarum suntuk juga dapat menularkan virus ini. Petugas medis yang menangani pasien ebola sangat beresiko karena bisa terkena virus ini. Virus ebola dapat bertahan hidup di kulit penderita. Sehingga, pemakaman pasien penderita ebola juga harus diperhatikan. Sebaiknya pemakaman di tangani oleh orang yang ahli untuk menghindari adanya penularan virus ini lebih lanjut. Penyebaran penyakit ebola bukan seperti layaknya flu / cacar air yang dapat menular lewat sirkulasi udara. Tapi walaupun virus ebola dapat menular di tempat tempat umum seperti bandara, sekolah, kantor ataupun di rumah sakit.

Tanda-tanda dan Gejala Penyakit Ebola

Penyakit ebola tak akan menular sampai virus mengalami masa inkubasi kurang lebih 2 sampai 21 hari. Gejala penyakit ebola yang tampak pada penderita yang akan menularkan penyakit ebola.

Penularan akan terjadi jika gejala penyakita ebola tampak. Gejala awalnya adalah adanya demam dengan tiba-tiba, sakit kepala, badan lemas, nyeri otot & sendi dan sakit tenggorokan. Bila gejala itu muncul disertai gejala lanjutan muntah-muntah, ruam-ruam, gangguan fungsi hati & ginjal. Pendarahan tubuh yang keluar lewat mulut, telinga, hidung, mata / telinga, maka harus langsung mendapat perawatan khusus supaya virus tak menyebar.

Penyakit ebola tak bisa di deteksi dari keadaan awal dengan cepat lantaran gejala yang diderita penderita sangat mirip dengan penyakit miningitis & malaria. Deteksi virus ebola akan terlihat saat dideteksi oleh hasil laboratorium. Oleh karena itu, dokter akan menganjurkan untuk melakukan tes darah / uji lab untuk menguji apakah pasien positif terjangkit ebola. Selain itu, dilakukan juga tes virus karena diagnosa dari darah kadangkala hanya menunjukkan trombosit rendah, bila penderita sudah positif menderita ebola maka segera memperoleh perawatan khusus. Pasien yang menderita ebola tak bisa menerima kontak dari luar terus menerus karena khawatir akan menularkan penyakit ini. Selain itu sampai sekarang juga belum ditemukan obat dari penyakit ini. Oleh karenanya, perawatan yang dilakukan hanyalah menjaga kekebalan pasien untuk melawan virus. Umumnya pasien juga hanya menerima cairan makanan lewat infus. Sehingga saat terkena serangan ebola pasien harus benar dijaga dalam kondisi maksimal.

Pencegahan Virus Ebola

Pencegahan penyakit ebola adalah tindakan preventif yang kudu dilakukan oleh siapa saja. Cari tahu sebanyak mungkin terkait Penyakit ebola untuk memahami bila ada yang terkena virus ini, mencuci tangan dengan bersih setelah mengunjungi pasien di rumah sakit, penderita kudu benar-benar ditangani oleh tim medis yang sudah ahli supaya tak banyak korban yang tertular.

Selain itu untuk mencegah terjangkit penyakit ebola terutama untuk petugas medis ialah dengan menggunakan pengamanan yang lengkap ketika mengurus penderita yang menderita virus ebola. Hindari bepergian ke daerah yang sudah terjangkit virus ini adalah di afrika barat, bila bepergian ke teman wisata hendaknya menjaga kebersihan , tak menyentuh hewan seperti monyet / alelawar. Bila memasak daging harus benar-benar matang.

Advertisement
Waspadalah Penyakit Virus Ebola saat ini juga | cahayu | 4.5

Leave a Reply